1. Startup

Startup Edtech Pintar Kantongi Pendanaan Pra-Seri A Rp47 Miliar

Putaran pendanaan ini dipimpin Havez Capital dengan partisipasi dari SIG Venture Capital

Platform edtech Pintar dilaporkan telah mengantongi pendanaan pra-seri A sebesar $3 juta (sekitar Rp46,9 miliar) yang dipimpin oleh Havez Capital serta partisipasi dari SIG Venture Capital.

Sebagai informasi, Havez Capital adalah perusahaan investasi yang dipimpin oleh Imelda Harsono, yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur di PT Samator Indo Gas Tbk.

"Misi kami adalah memberdayakan tenaga kerja, di mana bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar dapat keluar dari middle income trap," ujar CEO Pintar Ray Pulungan dalam keterangan resminya seperti dilansir dari TechinAsia.

Pintar adalah platform pengembangan karier yang menawarkan solusi pelatihan, kredensial, dan lowongan kerja--memposisikan model yang berbeda dari kebanyakan edtech yang fokus pada pendidikan K-12.

Klaimnya, Pintar telah digunakan sebanyak 2 juta pengguna, termasuk pemilik jaringan minimarket Indomaret untuk keperluan rekrutmen dan pelatihan, hingga BUMN Krakatau Steel untuk kebutuhan pengembangan talenta dan kepatuhan. Pihaknya juga telah bermitra dengan Kemendikbud dan Kadin.

Pintar sebelumnya bernama HarukaEdu yang telah menggalang pendanaan hingga seri C dengan total $2,2 juta. Rebranding ini dilakukan pada 2022.

Sebagai gambaran, ekosistem edtech di Indonesia tak cuma berfokus pada penyediaan solusi pembelajaran K12. Selain Pintar, platform lainnya masuk ke segmen edukasi nonformal untuk pelaku usaha, misalnya Kuncie. Ada juga yang menjajal digitalisasi untuk perguruan tinggi.

More Coverage:

Edtech memang sempat menjadi salah satu sektor primadona saat pandemi Covid-19, di mana sejumlah platform pembelajaran untuk K12 mengalami lonjakan signifikan. Namun, seiring berakhirnya pandemi, pelaku edtech harus kembali menyesuaikan bisnisnya mengingat kegiatan belajar-mengajar kembali ke offline.

Upaya adaptasi ini terlihat dari aksi restrukturisasi karyawan yang dilakukan pemain dominan Ruangguru dan Zenius. Sayangnya, mengawali awal 2024, Zenius memutuskan untuk menutup layanannya sementara.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again