Categories

Interview

Shopee Mulai Sediakan Layanan “Fulfillment” Terpadu untuk Mitra

Manfaatkan gudang milik sendiri, tawarkan layanan pengemasan hingga pengiriman

Yenny Yusra - 17 September 2020

Layanan e-commerce Shopee kembali menawarkan pilihan fitur baru kepada merchant. Serupa dengan yang disuguhkan oleh Tokopedia melalui TokoCabang, Shopee meluncurkan layanan “Dikelola Shopee”.

Sebagai layanan e-commerce yang mengalami pertumbuhan positif di Indonesia, Shopee saat ini telah memiliki dan mengelola gudang mereka sendiri untuk mempercepat proses pengemasan hingga pengiriman barang pelanggan. Memanfaatkan sumber daya yang ada, sumber daya tersebut kini dapat dimanfaatkan merchat sebagai layanan pendukung bisnis.

Kepada DailySocial, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengungkapkan, Dikelola Shopee mengedepankan layanan cepat dan terpercaya dengan sistem keamanan 24 jam di gudang bagi mitra brand dan penjual Shopee Xpress. Diklaim rata-rata pesanan dikirim 2 jam setelah pengguna menyelesaikan transaksi.

“Dengan tim yang beroperasi selama 24 jam 7 hari, kami mengandalkan layanan ini sebagai bentuk memaksimalkan proses pemesanan yang ada di Shopee,” kata Handhika.

Tidak disebutkan lebih lanjut berapa jumlah gudang yang dimiliki Shopee saat ini. Namun dengan dikelolanya proses ini di gudang milik Shopee sendiri, tentunya memudahkan proses. Cara ini juga dilancarkan oleh JD.ID, Blibli, dan Lazada. Sementara Tokopedia melalui TokoCabang, memilih untuk menjalin kemitraan dengan PT Bintang Digital Internasional dengan nama brand Haistar.

Bantu penjual dan brand

Di samping itu, layanan terbaru Shopee tersebut juga dilengkapi oleh pilihan opsi logistik yang terpercaya, memungkinkan pengguna melakukan pengiriman secara lebih efisien. Berbentuk seperti marketplace logistik, beberapa pemain lain juga turut manjakan merchant e-commerce dengan fitur serupa. Misalnya yang dilakukan Bukalapak melalui BukaPengadaan. Ada juga startup yang khusus menyasar segmen ini, satu di antaranya Shipper.

Selain menawarkan produk dan barang kebutuhan sehari-hari, elektronik hingga groceries, Dikelola Shopee yang bisa diakses di kanal khusus juga menyediakan Voucher Toko yang menjual produk yang beragam. Mulai dari sepatu, produk kesehatan dan kecantikan.

“Untuk saat ini kami belum bisa memberikan jumlah merchant dan mitra yang bergabung. Namun dapat kami pastikan bahwa keunggulan dari layanan Dikelola Shopee merupakan layanan yang berfungsi untuk memaksimalkan potensi produk-produk yang dimiliki mitra kami untuk bisa mencapai hasil penjualan yang lebih maksimal lewat komitmen kami dalam bentuk layanan logistik ini,” tutup Handhika.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter