1. DScovery

Stealth Mode pada Startup: Pengertian, Cara, Manfaat dan Kelemahannya

Startup yang memakai stealth mode mengacu pada startup yang merahasiakan program mereka yang sebenarnya melalui berbagai cara yang legal.

Stealth Mode seperti namanya bukanlah istilah yang sering dibahas. Namun, bagi pemodal ventura dan investor, stealth mode adalah bagian dari realitas saat ini yang harus disadari semua orang.

Jadi, mari kita jelajahi arti stealth mode dan kepentingannya yang lebih luas, dengan lebih detail pada artikel di bawah ini!

Definisi Stealth Mode

Stealth mode adalah strategi bisnis TI di mana perangkat lunak, perangkat keras, atau produk/layanan TI sengaja disembunyikan dari pasar, pesaing, atau publik hingga tanggal atau penyelesaian yang telah ditentukan sebelumnya.

Ini adalah praktik untuk mempertahankan produk atau layanan, terutama di pasar yang sangat kompetitif.

Stealth Mode mengacu pada startup yang merahasiakan agenda mereka yang sebenarnya melalui berbagai cara legal. Sementara startup lain mencari perhatian publik, mode ini yang digunakan pada sebuah startup melakukan sebaliknya dan menyembunyikan informasi tentang diri mereka sendiri dan hanya mempublikasikan gambaran umum perusahaannya saja.

Cara Mengenali Stealth Mode pada Sebuah Startup

Pada dasarnya, startup dalam stealth mode tidak mudah untuk menemukannya, tetapi selalu ada petunjuk. Jika situs web publiknya kurang detail, tetapi banyak dana dan bahkan beberapa investor sukses terhubung, ini biasanya merupakan indikator yang kuat.

Karena startup stealth mode jarang mencari pendanaan secara terbuka, mendekati investor secara pribadi, mereka sering ditemukan saat melihat portofolio yang terakhir. Di sini, kamu mungkin menemukan perusahaan dengan sedikit detail , atau mungkin perusahaan dengan nama dan detail yang tidak jelas.

Ini juga berarti, bagaimanapun, tidak akan mungkin menemukan startup seperti itu di media sosial sangat mendorong aktivitas terbuka. Perusahaan mode ini memposisikan dirinya sejauh mungkin dari pusat perhatian dan menghindari perhatian publik.

Manfaat Stealth Mode pada Startup

Alasan utama semakin populernya perusahaan dalam stealth mode adalah bahwa mereka menawarkan banyak keuntungan bagi sebagian besar pengusaha terutama pemilik usaha kecil.

1. Tidak Diperhatikan Sedari Awal

Keuntungan terbesar dari mode ini pada startup adalah menghindari perhatian awal sebelum diluncurkan ke publik. Ini paling umum terjadi pada startup teknologi dengan layanan disruptive. Keunikan dari proposisi penjualan yang unik ini seringkali menjadi yang paling menarik bagi investor, sehingga seringkali startup menyembunyikan produk barunya untuk menghindari beberapa masalah.

2. Hak Paten yang Terjamin

Hal ini juga penting bagi perusahaan yang belum secara hukum mendapatkan legalitasnya (misalnya merek dagang yang belum didaftarkan) atau yang produknya belum jadi.

Kelemahan Stealth Mode

1. Peluang Pendanaan Terbatas

Kerugian terbesar adalah tantangan mendapatkan pembiayaan. Jika kamu tidak dapat mempublikasikan layanan atau produk, kamu akan segera kehilangan sebagian besar pasar investasi dan kemungkinan investasi modal. Hal ini memberi banyak tekanan pada pendiri startup stealth mode untuk mendapatkan pertemuan secara pribadi, membuat kesan yang besar, dan pada akhirnya hanya mendapatkan pendanaan yang biasa dilakukan secara manual.

2. Umpan Balik Pelanggan Terbatas

Kedua, kamu juga memiliki umpan balik pelanggan yang sangat terbatas. Jika bisnis mu tidak dapat berinteraksi dengan publik, bagaimana kamu dapat mengukur reaksi publik atau bahkan memastikan nilai pasar? Ini adalah tantangan besar dan salah satu alasan mengapa startup stealth mode cenderung mencari VC yang sangat berpengalaman yang memiliki pengalaman melewati rintangan semacam ini.

3. Perhatian Publik Terbatas

Jika perusahaan fashion memakai mode ini untuk go public, mereka harus menginvestasikan uang dalam acara besar atau kampanye besar lainnya. Namun, perusahaan publik dapat menarik perhatian jurnalis, mempertahankan citra publiknya, dan membangun reputasinya selama bertahun-tahun dibangunnya.

Sebagian besar startup stealth mode bukanlah cara terbaik tanpa risiko, tetapi pada akhirnya mereka juga akan mendapat banyak daya tarik. Bagi investor yang menemukan hal ini tentu akan sangat berharga, startup stealth mode mewakili peluang yang unik untuk mendulang kesuksesan. Jadi apakah kamu tertarik memakai stealth mode pada startup mu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again