1. Startup

Strategi Bisnis PasarPolis Melalui Tap Insure dan Layanan Keagenan

Diskusi mendalam bersama Presiden PasarPolis Peter van Zyl tentang strategi bisnis hingga proses penggalangan dana investasi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini memaparkan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia saat ini baru tercatat 2,75% dari total penduduk Indonesia, lebih rendah dari negara tetangga di Asia Tenggara. Sementara, tingkat densitas asuransi juga masih berada pada level rendah, tercatat pada akhir tahun lalu angkanya mencapai Rp1,92 juta per penduduk.

Menyikapi data di atas, bukan berarti ini persoalan yang buruk. Dari kacamata bisnis ini jadi persoalan yang baik karena ruang perbaikan masih terbuka lebar. Perspektif inilah yang diambil Tap Insure (PT Asuransi Untuk Semua), perusahaan asuransi umum yang merupakan bagian dari Pasar Polis Group untuk ambil peluang di Indonesia.

PasarPolis Group kini membawahi tiga entitas: PT PasarPolis Insurance Broker, PT PasarPolis Indonesia, dan PT Asuransi Untuk Semua (Tap Insure). Tap Insure menjadi bagian baru di grup sebagai asuransi umum digital setelah mendapatkan persetujuan izin usaha dari OJK pada tanggal 17 November 2022.

Disebutkan Tap Insure adalah satu-satunya perusahaan asuransi baru dalam tiga tahun terakhir yang mendapat izin dari OJK sepanjang tahun tersebut. Di luar itu pada tahun yang sama, di ranah perusahaan teknologi, terdapat Sea Group yang mengakuisisi penuh PT Asuransi Mega Pratama, kini menjadi PT Asuransi Umum SeaInsure.

“Memiliki asuransi [sendiri], jadi game changer buat kami karena kami bisa underwriting sendiri, menentukan premi, dan klaim langsung ditangani sendiri. Kami juga bisa terus berinovasi produk dan membuat banyak diferensiasi di pasar,” terang Presiden PasarPolis Peter van Zyl kepada DailySocial.id.

Zyl baru bergabung di PasarPolis sejak Juli 2023. Ia dikenal sebagai veteran profesional di industri asuransi dengan rekam jejak selama lebih dari 20 tahun. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur & CEO Allianz Indonesia selama 7 tahun dan menduduki posisi manajemen senior di AIG selama lebih dari 15 tahun.

Sebelum ada Tap Insure, proses underwriting dan pemrosesan klaim diserahkan langsung oleh mitra asuransi. Sebagai insurtech, PasarPolis hanya bertindak sebagai penghubung antara perusahaan asuransi dengan target konsumen. Misalnya, saat meracik asuransi kecelakaan untuk pengemudi Gojek, pihak PasarPolis bernegosiasi dengan berbagai perusahaan asuransi mencari premi terbaik, sebelum dihadirkan di Gojek.

“Kami memiliki data yang sangat kaya, memungkinkan kami memahami pelanggan mampu membuat produk dengan model prediktif. Untuk distribusinya secara efisien, cepat, dan frictionless. Jadi konsumen bukan sekadar mengambil asuransi, tapi pengalamannya yang menyenangkan karena sekarang kami menjadi perusahaan asuransi full-stack.”

Tap Insure memungkinkan terjadinya peningkatan yang signifikan. Tingkat kepuasan konsumen mencapai 90% karena sebanyak 74% klaim dapat diproses dalam waktu 24 jam, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan efisiensi di industri ini.

Kolaborasi teranyar Tap Insure adalah bersama Shinhan EZ General Insurance, mengembangkan proteksi untuk asuransi kendaraan bermotor Tap Auto, yakni Extended Warranty untuk mobil bekas dan baru. Langkah ini sekaligus menandai Shinhan EZ masuk ke Indonesia yang memiliki keahlian di bidang asuransi mikro.

Tap Auto memberikan perlindungan terhadap biaya perbaikan yang tak terduga, mencakup komponen-komponen vital, seperti mesin (termasuk ECU & radiator), transmisi (termasuk ECU & radiator), sistem kemudi, sistem rem, serta peralatan pendingin dan pemanas udara (termasuk AC Compressor).

Di luar itu, Tap Insure memiliki produk asuransi lainnya, seperti: Asuransi Movable Property All Risks, Asuransi Property All Risks, Asuransi Kebakaran, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Pengangkutan Barang, dan Asuransi Gempa Bumi.

Mulai perkuat bisnis keagenan

Bersamaan dengan itu, grup perusahaan juga mulai memperkuat kontribusi bisnis dari jalur keagenan. Menurut Zyl, bisnis PasarPolis sangat bergantung pada saluran B2B2C, yang menyumbang lebih dari 65% total pendapatannya. Kanal ini menunjukkan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun, meskipun pasarnya jenuh.

Secara kumulatif sejak pertama kali berdiri di 2015 hingga tahun lalu, terdapat lebih dari 1,5 miliar polis yang telah diterbitkan untuk 40 juta konsumen. Mitra ekosistemnya pun beragam, seperti Gojek, Xiaomi, IKEA, Shopee, DANA, dan Home Credit.

Sebaliknya, kanal keagenan dan D2C, memperlihatkan pertumbuhan substansial, melebihi 15% secara month-to-month. Prospek di kanal ini begitu menjanjikan, terlebih masyarakat Indonesia itu masih membutuhkan kehadiran agen secara tatap muka untuk mendapatkan penjelasan terkait produk asuransi yang akan dibelinya.

“Bisa juga tidak perlu tatap muka, agen tidak perlu harus bermacet-macetan di jalan raya. Dengan aplikasi, mereka bisa fokus memberikan pelayanan kepada nasabahnya.”

PasarPolis Mitra

PasarPolis Mitra (PT PasarPolis Indonesia) sudah hadir sejak 2020, diklaim lebih dari 11 ribu agen telah bergabung yang tersebar di lima kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Solo, Semarang, dan Bandung. Aplikasi PP Mitra dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti automasi sistem rekonsiliasi data, mulai dari proses penginputan data polis hingga pembayaran premi, proses pencairan insentif secara instan, penerbitan polis secara real-time, dan pemrosesan klaim yang efisien.

Kemudian, sebanyak 11 perusahaan asuransi bekerja sama memasarkan produknya melalui channel ini, dibantu oleh PasarPolis Insurance Broker. Tap Insure, Allianz, Zurich, SeaInsurance, Sinarmas, adalah beberapa nama yang sudah bergabung.

“Kita akan mendapatkan pertumbuhan eksponensial pada tahun 2024 karena agen menjadi fokus besar. Jadi, kami berencana untuk tetap mempertahankan B2B2C, bukan menguranginya. Di saat yang bersamaan membesarkan keagenan.”

Zyl menuturkan, untuk mengejar kenaikan kontribusi dari kanal keagenan, saat ini perusahaan sedang menandatangani kemitraan dengan perusahaan asuransi yang memiliki jaringan agen terbesar di Indonesia. Ia tidak bisa mendetail lebih lanjut terkait ini, namun diyakini dapat mengubah sepenuhnya dinamika dunia asuransi di Indonesia.

Tak hanya itu, Tap Insure juga memanfaatkan keagenan untuk strategi pemasarannya dengan menghadirkan Tap Partners. Tap Insure menargetkan kemitraan dengan berbagai toko offline. Sejauh ini telah menjalin kerja sama dengan Xiaomi Shop dan hampir 500 pedagang toko offline lainnya.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Tap Partners adalah pembelian ponsel dengan sistem bundling yang mempermudah konsumen untuk langsung memiliki produk asuransi perlindungan gadget, bersamaan dengan transaksi pembelian ponsel di toko offline.

Tap Partners

Sedang galang pendanaan

Dipaparkan lebih jauh, PasarPolis saat ini mulai membuka penggalangan dana. Bila tidak ada aral melintang, ditargetkan dapat ditutup pada kuartal I 2024. Yang pasti, perolehan dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan penawarannya pada aset digital demi menjangkau populasi yang lebih luas. Oleh karena itu, perusahaan akan berinvestasi lebih banyak pada talenta dan teknologi. Terlebih, ambisi untuk menggenjot kontribusi bisnis keagenan pada tahun depan terus dilakukan.

“Jika kita ingin lebih baik 10 kali lipat dalam pelayanan, kecepatan, penawaran produk, kita perlu terus berinvestasi. Kami juga ingin menjadi 10 kali lebih efektif dan efisien dibandingkan rekan atau pesaing kami.”

PasarPolis terakhir kali mengumumkan pendanaan sebesar $5 juta dari International Finance Corportion (IFC) pada Februari 2021. Pendanaan ini direngkuh selang empat bulan pasca mengumumkan putaran Seri B senilai $54 juta. Disebutkan, PasarPolis masuk ke dalam jajaran soonicorn alias valuasinya mencapai $59miliar.

“Penggalangan dana dapat mempercepat perjalanan kita menjadi organisasi yang menguntungkan secara signifikan.”

Bersamaan dengan itu, Zyl menilai bahwa langkah menuju profitabilitas kini menjadi sebuah prioritas, walau membutuhkan waktu. Dalam memperluas aset digital, tentunya memerlukan biaya yang menjadi faktor pemengaruh dalam menentukan pertumbuhan perusahaan. Pihaknya akan terus mengatasi biaya-biaya tersebut agar skala bisnis dapat naik secara efektif.

Akan tetapi, di satu sisi, salah satu aspek utama yang berkontribusi terhadap jalur menuju profitabilitas yakni bagaimana pendekatan interaksi bisnis yang ditempuh di PasarPolis. Menurut Zyl, setiap transaksi yang menghasilkan keuntungan disebut margin kontribusi. Angka tersebut akan terus digenjot untuk seluruh operasional bisnis, makanya setiap kesepakatan bisnis dilakukan setelah memastikan keuntungan yang bakal diperoleh.

More Coverage:

“Indonesia memungkinkan kita mengembangkan bisnis secara menguntungkan, dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara karena kami memiliki kombinasi yang bagus. Tujuan kami yang jelas adalah mendapatkan keuntungan pada 2025, bisa lebih cepat atau lambat.”

Pendekatan insurtech dengan blockchain juga turut menjadi perhatian PasarPolis ke depannya. Diskusi internal terkait topik ini masih dini namun dipastikan segera mengimplementasikannya karena manfaat yang ditawarkan sangat besar. Blockchain memberi kemampuan untuk mengelola, memprediksi, deteksi penipuan, dan yang terpenting memastikan perlindungan data pelanggan.

Dia melanjutkan, meskipun saat ini tidak semua orang di Indonesia menggunakan teknologi blockchain, penerapan teknologi blockchain ke dalam bisnis semakin diperlukan. Kekayaan data yang ditawarkan menggarisbawahi pentingnya hal ini dalam lanskap asuransi.

“Walau masih dalam tahap diskusi, potensi manfaat blockchain sudah terlihat tidak hanya bagi kami di PasarPolis, tetapi juga bagi industri secara keseluruhan.”

Di kancah regional, disampaikan saat ini PasarPolis telah melebarkan sayapnya ke Thailand, Vietnam, dan baru-baru ini Singapura. Indonesia tetap menjadi pasar utama perusahaan. Malaysia dan Filipina belum menjadi rencana berikutnya.

Zyl menilai Malaysia adalah negara dengan penetrasi pasar asuransi umumnya sudah matang. Sementara pihaknya kerap mengevaluasi peluang potensial berdasarkan kemitraan dan kesiapan pasar. “Bagi kami, ekspansi bergantung pada kesiapan dan kelangsungan pasar. Kami memprioritaskan pendekatan pragmatis, memastikan bahwa ekspansi kami ke wilayah baru dapat dilaksanakan dan berhasil.”

Saat ini total karyawan perusahaan secara regional hampir mencapai 200 orang, mayoritas merupakan tim dari Indonesia mencapai 160 orang.

“Kesuksesan suatu perusahaan tidak semata-mata ditentukan oleh jumlah individu yang dipekerjakannya, namun juga oleh kemampuannya. Sebagai perusahaan insurtech, fokus kami terletak pada teknologi, bukan sekadar mengumpulkan tenaga kerja dalam jumlah besar,” pungkasnya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again