1. DScovery

Strategi Pemasaran: Definisi, Fungsi, hingga Elemen Penting

Pemasaran memiliki posisi yang strategis untuk mensukseskan suatu perusahaan

Dalam membangun bisnis, perencanaan adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan. Rencana bisnis bisa seperti peta yang menunjukkan arah menuju kesuksesan. Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan strategi pemasaran

Pemasaran memiliki posisi yang strategis untuk mensukseskan suatu perusahaan. Sekalipun produknya berkualitas tinggi, ia tidak dapat menghasilkan banyak keuntungan kecuali disertai dengan strategi pemasaran yang tepat.

Membangun bisnis cukup sulit tanpa strategi pemasaran yang baik. Selain itu, ada risiko yang sangat mungkin kehilangan daya saing. Oleh karena itu, mempelajari ilmu pemasaran sangat penting untuk menjalankan bisnis.

Untuk lebih jelasnya, berikut DailySocial.id akan menjelaskan mengenai strategi pemasaran di bawah ini!

Definisi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan dan menyajikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat.

Tentu saja, dengan rencana dan taktik yang dirancang dengan baik, volume penjualan dapat ditingkatkan. Strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai sekumpulan usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Dalam bisnis, ada tiga faktor yang menentukan harga jual barang dan jasa, yaitu produksi, pemasaran, dan konsumsi. Oleh karena itu, pemasaran dapat digambarkan sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Fungsi Strategi Pemasaran

Terdapat empat garis besar yang dapat menjelaskan tentang fungsi strategi pemasaran. Berikut ulasannya:

  1. Terdapat standar penilaian prestasi kerja anggota pada bidang usaha maupun perusahaan. Dengan standar ini, maka pengawasan kualitas dan mutu bisa menjadi semakin efektif.
  2. Sebagai alat bantu dalam meraih berbagai tujuan perusahaan dalam jangka waktu panjang dan pendek.
  3. Untuk mengatur jalannya bisnis. Sehingga, koordinasi tim pemasaran bisa berjalan secara efektif dan sesuai dengan target.
  4. Akan meningkatkan motivasi pada bisnis yang tengah dilakukan. Strategi pemasaran mengharuskan para pelaku bisnis agar bisa memperkirakan jalannya bisnis pada masa yang akan datang. Serta bisa memberi semangat usaha sehingga bisnis bisa berjalan optimal.

Tujuan dari kegiatan strategi pemasaran

  1. Menjadi kegiatan dalam pengembangan kemampuan bisnis agar bisa melakukan adaptasi.
  2. Untuk dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan pemasaran.
  3. Dipakai untuk media ukur dari hasil pemasaran berdasar pada standar prestasi yang telah ditentukan.
  4. Supaya tim pemasaran bisa meningkatkan kualitas koordinasi diantara individu-individu di dalamnya.

Elemen Penting dalam Membangun Strategi Pemasaran

Produk

Produk mengacu pada produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Keputusan produk meliputi fungsi, pengemasan, tampilan, garansi, kualitas, dll.

Pelanggan perlu memahami fitur, kelebihan, dan manfaat yang bisa dinikmati dengan membeli barang atau jasa. Saat memikirkan suatu produk, pertimbangkan fitur utama, manfaat, serta kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Harga

Penetapan harga mengacu pada strategi penetapan harga produk dan layanan dan bagaimana hal itu memengaruhi pelanggan. Keputusan penetapan harga mencakup, selain harga jual, kemungkinan diskon, pengaturan pembayaran, jangka waktu kredit, dan kemungkinan layanan pencocokan harga yang ditawarkan.

Saat menentukan strategi penetapan harga, penting untuk mempertimbangkan di mana lokasi perusahaan saat ini. Misalnya, jika sebuah perusahaan diiklankan sebagai pemasok peralatan mekanis berkualitas tinggi, harga produk harus mencerminkan hal ini.

Promosi

Promosi mengacu pada aktivitas yang membuat perusahaan dikenal oleh konsumen. Ini termasuk, misalnya, sponsorship, periklanan dan hubungan masyarakat.

Karena biaya periklanan bisa tinggi, penting untuk melakukan analisis profitabilitas saat membuat keputusan periklanan. Penting untuk memahami nilai pelanggan dan apakah itu layak dipelihara.

Lokasi

Lokasi mengacu pada di mana produk/jasa perusahaan dilihat, diproduksi, dijual atau didistribusikan. Pada dasarnya, keputusan lokasi berkaitan dengan saluran distribusi dan cara pengiriman produk ke pelanggan sasaran yang paling penting.

Penting untuk memikirkan betapa mudahnya produk atau layanan kamu tersedia dan memastikan pelanggan dapat menemukan kamu dengan mudah. Produk atau jasa harus tersedia bagi pelanggan pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin ingin membuat produknya tersedia melalui situs web e-niaga, toko eceran, atau pihak ketiga.

Sumber Daya Manusia

Orang mengacu pada staf, tenaga penjualan, dan mereka yang bekerja untuk bisnis tersebut. Keputusan orang biasanya berpusat di sekitar layanan pelanggan – bagaimana kamu ingin karyawanmu dinilai ramah oleh pelanggan?

Dalam pengembangan bisnis, tim dan pemilik harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Sehingga, kemungkinan bisnis akan berkembang menjadi lebih besar. Bisnis pun bisa berjalan secara maksimal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again