1. DScovery

Admin Online: Pengertian Hingga Tips Menjadi Admin Online

Kamu mau memulai karir menjadi admin online tapi bingung harus mulai darimana? Tenang saja, artikel ini dapat membantu kamu.

Pekerjaan sebagai admin online saat ini memiliki peluang besar. Tidak mengherankan bila mengingat hampir semua perusahaan kini beralih ke dunia digital. Ada juga lowongan admin online untuk lulusan baru dan mereka yang berpengalaman.

Meski terdengar sederhana, seorang admin online juga harus memenuhi persyaratan tertentu. Hal ini karena perusahaan memiliki tanggung jawab penuh atas pemasukan perusahaan. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu admin online? Dalam artikel ini kami akan menginformasikan secara detail tentang pekerjaan seorang admin online. Silahkan simak hingga akhir!

Apa Itu Admin Online?

Admin online adalah orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian segala sesuatu yang berhubungan dengan platform web.

Dalam kehidupan kerja, kita sering menemukan dua jenis pekerjaan admin online, yaitu admin media sosial dan admin online shop. Tugas admin online adalah memenuhi permintaan iklan atau informasi apa pun dari perusahaan kepada pengguna internet. Selain itu, admin online perlu mengikuti perkembangan dunia digital.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online

Tugas utama seorang admin online adalah mengelola media online yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Mulai dari menanggapi komentar yang masuk hingga melayani calon konsumen yang memiliki pertanyaan seputar produk.

Namun, admin online harus memenuhi beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang admin online.

1. Admin Online Shop

Sebagai admin online shop, kamu tidak hanya harus bertanggung jawab atas semua komentar yang masuk, tetapi juga harus selalu mengikuti perkembangan pasar untuk dapat melakukan tugas-tugas berikut.

Memberikan informasi produk

Ini adalah salah satu tugas utama admin online shop . Dia harus bisa menjelaskan produk perusahaan secara detail. Penjelasan yang diberikan memutuskan apakah calon konsumen yang masih ragu tertarik untuk membeli. Oleh karena itu, pekerjaan admin online harus didukung dengan pengetahuan produk yang baik.

Memperbarui informasi terbaru tentang produk

Admin online shop juga harus bisa menjelaskan informasi terbaru tentang isi produk kepada calon konsumen agar konsumen menemukan nilai lebih pada produk perusahaan dibandingkan produk kompetitor.

Memelihara performa perusahaan

Tugas seorang admin online shop adalah bertanggung jawab penuh untuk memastikan kinerja perusahaan selalu responsif. Apalagi dalam penjualan online, semuanya dinilai berdasarkan rating, jika rating toko online buruk, tentu saja pelanggan ragu untuk membeli produk.

Mengedukasi pelanggan secara terus menerus

Merupakan tanggung jawab admin online shop untuk selalu menginformasikan pelanggan tentang produk yang mereka tawarkan. Dengan cara ini mereka memahami dan meminimalkan kesalahan dan keluhan. Sistem admin juga harus mampu memberikan solusi ketika pelanggan mengalami masalah pada produk.

Menjaga komunikasi yang baik

Dalam bisnis, komunikasi yang baik adalah kunci untuk memenangkan hati pelanggan. Banyak pelanggan sering tertarik dengan produk karena menurut mereka komunikasinya sangat baik. Ini adalah tugas dan tanggung jawab online shop. Kamu harus menjaga komunikasi yang baik dengan semua klien untuk membangun hubungan.

Mengecek Persediaan Barang

Admin online shop juga harus selalu mengecek sisa stok untuk disesuaikan dengan jumlah pesanan yang masuk. Tugas ini juga terdiri dari memberikan informasi kepada calon pelanggan tentang penawaran produk yang diinginkan.

2. Tugas Admin Media Sosial

Selain tugas pokok admin media sosial yaitu mengelola dan menggunakan media sosial, mereka memiliki tugas dan tanggung jawab lain. Pekerjaannya tidak semudah kelihatannya, berikut beberapa pekerjaan admin media sosial.

Menjaga kerahasiaan password dan keamanan akun

Menjaga kerahasiaan password dan keamanan akun adalah tanggung jawab admin media sosial. Tugas ini sangat penting karena dunia online selalu ada dalam berbagai bentuk. Admin harus dapat menjaga kerahasiaan kata sandi media sosial agar tidak diketahui orang lain.

Selain itu, ia juga harus memastikan bahwa akun yang dikelolanya diatur dan dilengkapi dengan perlindungan sesuai versi platform media sosial yang diperbarui.

Merencanakan konten yang akan ditayangkan

Sebagai admin media sosial, kamu bertanggung jawab untuk menjadwalkan konten yang akan diunggah ke media sosial. Kamu mungkin perlu meneliti konten seperti apa yang disukai audiens target, menyiapkan gambar atau video, lalu mengedit subtitle agar sesuai dengan konten. Kamu dapat membuat konten dengan berbagai cara termasuk produk, promosi, kuis, dan lainnya.

Perencanaan konten

Saat konten sudah siap, admin perlu merencanakan kapan konten akan diunggah ke media sosial. Dalam dunia media sosial, jam tayang menentukan seberapa banyak konten menjangkau orang. Jadi ketika kamu menjadi seorang admin, pastikan kamu melakukan riset tentang kapan audiens kamu mengakses media sosial untuk melihat konten yang kamu buat.

Membangun dan mempertahankan interaksi dengan pengikut

More Coverage:

Kamu juga harus bisa menjalin dan menjaga interaksi dengan followers. Bagaimana menanggapi komentar, pesan langsung, termasuk menanggapi komentar negatif yang masuk. Kamu harus dapat menangani berbagai situasi pengguna Internet. Membangun dan menjaga interaksi di media sosial juga sangat penting untuk membangun citra perusahaan yang baik.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Seorang Admin Online

Agar dapat menjalankan semua tugas dan tanggung jawab dengan baik, seorang administrator jaringan harus mempertahankan keterampilan dan kompetensi tertentu. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang webmaster, Anda harus memiliki keterampilan berikut.

Keterampilan komunikasi

Ini adalah suatu keharusan untuk menjadi seorang admin karena pekerjaan kamu tidak pernah berbeda dengan melayani banyak orang di dunia maya, baik itu yang komplain atau sekedar bertanya atau berkomentar. Jika keterampilan komunikasi kamu tidak mendukung, kamu pasti akan gagal dalam tugas ini.

Menguasai microsoft office

Keterampilan teknis seperti penguasaan Microsoft Office juga penting, meskipun dasar tetapi setidaknya kamu mengerti cara menggunakannya. Ini diperlukan karena Microsoft Office memproses semua data pelanggan yang masuk.

Teliti

Teliti juga sangat penting dalam pekerjaan admin online. Karena kamu juga bertanggung jawab atas pesanan yang masuk, stock barang, dimana hal ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika kamu tidak berhati-hati, kamu bisa saja memberikan produk yang salah kepada pelanggan dan akhirnya mengeluh.

Pengetahuan tentang media sosial

Saat ini, semua perusahaan sudah memiliki akun media sosial untuk mendukung kampanye dan membangun kedekatan dengan target pasarnya. Jadi jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan admin online, pastikan kamu tahu cara menggunakan media sosial. Kamu tahu cara mengoptimalkannya untuk iklan.

Setidaknya, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pekerjaan admin online. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memulai jenjang karir admin online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again