1. DScovery

SEO Specialist: Pengertian Tugasm Skill, Hingga Jenjang Karirnya

Dengan strategi SEO yang tepat, sebuah perusahaan pasti akan menemukan peluang besar untuk pertumbuhan bisnis dan keuntungan yang maksimal. 

Search engine optimisation atau SEO specialist adalah pekerjaan yang semakin dicari oleh perusahaan akhir-akhir ini. Bagi kamu yang bekerja di industri startup, ini adalah pekerjaan yang perlu kamu ketahui.

Namun sementara itu, tidak hanya startup yang membutuhkan ahli SEO, tetapi perusahaan dari berbagai industri juga mencari profesi ini.

Tak heran, semakin banyak orang yang ingin mendidik diri sendiri sebagai pakar SEO dan berkembang lebih jauh. Apa sebenarnya SEO specialist itu? Jadi pekerjaan, gaji, dan keterampilan apa yang dibutuhkan? Ayo, kita mulai!

Apa Itu SEO Specialist?

Seperti namanya, SEO Specialist adalah profesi yang berfokus pada Search Engine Optimization (SEO) untuk memaksimalkan pemasaran suatu perusahaan.

Tugas seorang spesialis SEO adalah meriset keyword atau kata kunci yang cocok untuk website sebuah perusahaan. Mereka juga harus memperhatikan isi website dan tampilan gambar agar dapat memantau performa website secara berkala.

Profesional SEO biasanya harus bisa meningkatkan lalu lintas situs web bisnis dan peringkat pencarian melalui berbagai trik atau teknik SEO. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan visibilitas situs web di mesin pencari.

Skill yang Dibutuhkan

Jika kamu ingin menjadi ahli SEO, kamu harus memiliki minat dalam digital marketing dan komitmen yang kuat untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang dan terkini.

Selain itu, kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan keterampilan analitis tentang algoritme Google jika ingin mendapatkan pekerjaan ini.

Mengapa? Pasalnya, seorang pakar SEO diharapkan bisa memprediksi perubahan apa yang akan dilakukan pada algoritma Google.

Selain itu, menurut SEJ, seorang profesional SEO juga harus memahami mekanisme bagaimana konsumen mencari dan membeli sesuatu secara online. Keterampilan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam bidang ini, karena kamu akan memerlukan berbagai keterampilan komunikasi seperti mediasi, mengajar dan memberikan informasi kepada sistem organisasi dan pemegang saham perusahaan kamu.

Tugas Seorang SEO Specialist

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Spesialis SEO? Untuk memberi kamu gambaran, lihat beberapa di antaranya.

• Membuat strategi konten yang akan dipublikasikan beserta kata kunci relevan yang sesuai

• Mempomosikan situs di dalam dan di luar situs

• Membuat arsitektur teknis yang diperlukan untuk pengembangan SEO

• Memastikan konten dan situs web dioptimalkan sepenuhnya di seluruh platform

• Menghasilkan laporan terperinci tentang kinerja situs web yang dioptimalkan untuk SEO

• Menganalisis situs dari perspektif mesin pencari dan audiens

• Selalu up to date pada semua perubahan pada algoritma Google

More Coverage:

• Peduli dengan semua hal yang berkaitan dengan marketing mesin telusur

• Membuat strategi pengoptimalan situs web dan hubungan antara konten gambar, konten, kata kunci, dll

Jenjang Karir SEO Specialist

Ketika kamu memulai karir, kamu akan menjadi seorang SEO Junior, kemudian lanjut menjadi seorang Manajer SEO. Setelah dua atau tiga tahun di posisi ini, kamu bisa pindah ke posisi SEO manager. Peran ini bisa dilanjutkan sebagai Head of SEO atau Head of Digital.

Namun, kamu juga dapat beralih ke tugas marketing serupa lainnya karena SEO pada dasarnya adalah bentuk digital marketing.

Demikian penjelasan mengenai SEO specialist yang salah satunya yang hits dan populer di kalangan startup khususnya. Meski terlihat rumit, pekerjaan ini memiliki keunikan tersendiri yang kekinian.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again