1. Entrepreneur

Tips dan Cara Lengkap Jualan Barang Thrift di Aplikasi Carousell, Sudah Tahu?

Mau memasarkan produk thrift shop Anda di Carousell? Lihat panduan cara jualan di Carousell di sini.

Carousell adalah salah satu aplikasi jual beli barang bekas terpopuler yang telah menjadi andalan bagi banyak pemilik usaha thrift shop dalam menjajakan produknya. Cara jualan di aplikasi Carousell juga cukup mudah. Panduan selengkapnya akan Anda lihat pada artikel ini.

Thrift shop telah menjadi ide bisnis modal kecil yang cukup populer belakangan ini karena meningkatnya jumlah peminat barang-barang bekas layak pakai atau yang sering disebut sebagai thrift. Lalu, bagaimana ya cara jualan yang efektif di Carousell agar berpotensi menemukan pembeli? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Cara Jualan di Carousell

Pada dasarnya, Anda dapat menjajakan barang thrift toko Anda di marketplace mana saja, termasuk Shopee dan Tokopedia. Namun, Anda bisa melihat bahwa tidak banyak orang yang mengunjungi aplikasi tersebut untuk mencari barang bekas.

Berbeda dengan aplikasi Carousell di mana orang-orang yang tengah mencari barang bekas layak pakai akan mengunjungi aplikasi ini. Sehingga, berjualan di Carousell adalah solusi efektif untuk para owner thrift shop.

Apabila Anda juga tertarik untuk menjajakan produk thrift shop Anda di Carousell, berikut adalah langkah-langkahnya.

Daftar Akun Carousell

Langkah pertama untuk mulai menjual produk thrift shop Anda di Carousell adalah dengan membuat akun Carousell. Cara daftar di Carousell sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan beberapa metode pendaftaran seperti mendaftar manual menggunakan email dan mendaftar otomatis dengan akun Google atau akun Facebook.

Lengkapi Informasi Profil

Setelah akun berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah lengkapi informasi profil pada menu Settings dan pilih Edit Profile.

Lengkapi profil dengan informasi toko thrift shop Anda. Mulai dari nama, bio, lokasi, website usaha (jika ada), dan jangan lupa untuk menambahkan foto profil dengan logo bisnis Anda.

Unggah Produk ke Halaman Listings

Pada menu Me aplikasi Carousell, Anda akan melihat halaman Listings. Di halaman Listings tersebut akan ditampilkan produk-produk yang Anda jual. Nah, untuk menambahkan produk ke halaman tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Carousell.
  • Klik tombol Sell berwarna merah untuk mulai menambahkan produk.

  • Kemudian, pilih foto produk. Anda dapat menambahkan hingga 10 foto untuk satu produk. Klik Next.
  • Selanjutnya, pilh kategori yang sesuai dengan produk tersebut.

  • Setelah memilih kategori, Anda akan masuk ke halaman detail produk. Lengkapi informasi detail produk, mulai dari nama, harga, kondisi barang, deskripsi, size, hingga metode transaksi yang diinginkan (Meet-up atau Delivery).

  • Jika semua sudah dilengkapi, klik List it!.

  • Selesai, produk berhasil diunggah.

Tip: Tambahkan foto yang lengkap dari berbagai sisi untuk setiap produk. Kemudian, berikan keterangan kondisi produk pada deskripsi agar calon pembeli dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai produk tersebut.

Gunakan Fitur Promosi

Setelah berhasil mengunggah produk, selanjutnya lakukan promosi. Anda dapat membagikan link produk Anda ke berbagai media promosi atau menggunakan fitur promosi Boost Listing pada aplikasi Carousell. Untuk mengaktifkan fitur Boost Listing pada salah satu produk Anda, simak dan ikuti cara berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Carousell.
  • Kedua, masuk ke halamanListings.
  • Ketiga, Anda akan melihat tombol Boost Listing pada setiap produk Anda. Pilih satu produk dan klik pada tombol tersebut untuk mempromosikannya di Carousell.

Komunikasi dengan Customer Melalui Chat

Fitur chat pada Carousell dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Biasanya calon pelanggan akan menghubungi Anda terlebih dahulu di chat untuk bertanya perihal produk yang dijual.

Kemudian, kolom chat juga dapat digunakan untuk membuat kesepakatan tentang metode pembayaran dan pengiriman barang. Pastikan untuk memilih metode yang paling aman dan tidak merugikan salah satu atau kedua pihak.

Tip: Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk proses transaksi yang aman, seperti melalui e-commerceShopee atau Tokopedia, karena Carousell tidak menyediakan fitur pembayaran dan pengiriman.

Demikian cara jualan di Carousell beserta tips efektif berjualan menggunakan aplikasi Carousell. Semoga langkah-langkah beserta tips-tips di atas dapat membantu Anda yang baru mulai menggunakan Carousell untuk menjajakan barang thrift Anda. Selamat mencoba!

Header by Pexel.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again