1. DScovery

Financial Planner: Pengertian, Tanggung Jawab, Manfaat, dan Tipenya

Beberapa Financial Planner Indonesia mulai menawarkan layanan financial planner dalam bentuk aplikasi financial planner yang tersedia untuk masyarakat.

Financial planner adalah solusi yang tepat bagi mereka yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangannya.

Memang benar bahwa setiap orang membutuhkan literasi finansial. Namun, terkadang kamu juga membutuhkan perencana keuangan untuk membantu kamu mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Banyak orang yang belum mengenal profesi financial planner. Ada juga yang menyamakannya dengan penasihat keuangan. Namun, ada hal yang membedakan keduanya.

Apa itu financial palenner? Kewajiban apa yang harus dipenuhi?

Apa Itu Financial Planner?

Financial planner adalah lembaga atau individu yang memenuhi persyaratan untuk membantu klien mencapai tujuan keuangannya. Lebih lanjut dinyatakan bahwa financial planner adalah individu yang fokus pada perencanaan keuangan untuk membantu klien mereka mencapai tujuan akhir mereka.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa financial planner bertanggung jawab terhadap klien dan dapat berupa orang, badan atau perusahaan. Layanan perencanaan keuangan menganalisis tujuan, tonggak, dan jenis investasi yang cocok untuk klien.

Financial planner merencanakan aspek dan situasi keuangan yang dapat membantu klien mencapai tujuan keuangannya. Sebagian besar pekerjaan seorang financial planner umumnya adalah merencanakan keuangan secara umum. Namun ada juga yang fokus pada bidang tertentu, seperti investasi dan bekal pensiun.

Tanggung Jawab Financial Planner

Menganalisis Tujuan dan Karakteristik Klien

Hal pertama, seorang financial planner harus menganalisis tujuan dan karakteristik klien. Kedua hal ini adalah titik perbandingan terpenting dalam merencanakan keuangan.

Mengevaluasi Kondisi Keuangan Klien

Financial planner harus menilai situasi keuangan klien saat ini. Beberapa hal yang perlu dinilai adalah kekayaan, pendapatan, pengeluaran, tabungan, cicilan dan kebutuhan lainnya. Dari situ, financial planner paham hal-hal apa saja yang selama ini belum tepat dilakukan oleh klien.

Membuat Perencanaan Keuangan

Inti dari tanggung jawab financial planner adalah perencanaan keuangan. Rencana ini akan disesuaikan berdasarkan tujuan klien dan keadaan saat ini. Dengan kata lain, financial planner menghubungkan situasi keuangan klien saat ini dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Menyampaikan Rencana

Langkah ini tidak dilakukan satu arah, melainkan dua arah. Financial planner meminta pendapat dan kemauan klien. Jika klien merasa rencana tersebut tidak sesuai dengan harapannya, financial planner dapat mengubah rencana berdasarkan saran tersebut.

Membantu Menjalankan Rencana

Ketika rencana yang dibuat oleh financial planner telah disepakati dengan klien, kini saatnya untuk mengimplementasikan rencana tersebut. Pada tahap ini, financial planner dapat membantu banyak pertanyaan terkait rencana tersebut, seperti pembukaan rekening, pengelolaan aset dan berbagai hal yang diminta oleh klien.

Mengawasi Jalannya Rencana

Setelah rencana keuangan berhasil, financial planner tidak bisa begitu saja melepaskannya. Financial planner harus memantau kemajuan rencana tersebut.

Manfaat Memiliki Financial Planner

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat apabila Anda menggunakan jasa financial planner.

• Membantu menetapkan tujuan

• Panduan dalam hal finansial dan memanajemen perilaku finansial

• Membantu memahami kondisi pasar dan memberitahu bagaimana cara bersikap terhadap kondisi pasar

• Membantu perencanaan keuangan secara matang

• Terakhir, menahan sikap konsumtif

Tipe Financial Planner

Menurut Nerd Wallet, ada tiga tipe financial planner yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan. Tipe-tipe financial planner adalah sebagai berikut.

1. Robo-advisors

Jika kamu ingin melakukan merencanakan keuangan sederhana, kamu bisa menggunakan robo-advisors.

Robo-advisors adalah financial planner yang dikelola secara otomatis oleh algoritme komputer. Desain akan disesuaikan agar sesuai dengan tujuan keuangan yang kamu tentukan. Secara umum, biaya yang dikenakan oleh robo-advisor lebih rendah daripada jenis financial planner lainnya.

2. In-person financial planners

Tipe financial planner ini bisa kamu pilih jika kamu membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih kompleks atau jangka panjang. Pasalnya, dalam merencanakan keuangan, financial planner dapat membuat perencanaan yang lebih mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

3. Online financial planning services

Online financial planning services adalah kombinasi antara robot dan financial planner manusia. Kamu akan menerima rencana keuangan yang dibuat oleh algoritme komputer. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan financial planner melalui telepon, email atau video call.

Nah, itulah penjelasan mengenai financial planner dari mulai pengertian hingga tipe yang ada. Bukankah FP bisa sangat membantu dalam merencanakan pengelolaan keuangan? Bagaimana menurutmu? Tertarik menggunakan jasa ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again