1. Entrepreneur

Ketahui Fitur Jubelio, Aplikasi Omnichannel Permudah Kelola Bisnis di Marketplace

Fitur Jubelio dapat mengatur POS, accounting, dan store dalam satu tempat.

Kebutuhan pebisnis dalam mengelola akun bisnis dalam satu tempat dapat diwujudkan dengan menggunakan aplikasi Jubelio. Layanan omnichannel Jubelio ini memungkinkan penjual online mengelola produk dan transaksi dari berbagai marketplace dlam satu dashboard. Melihat kebutuhan yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia, Jubelio hadir dengan fiturnya yang lengkap dan dapat membantu mengatur bisnis Anda.

Dengan Jubelio, Anda dapat mengatur POS, accounting, dan store dalam satu tempat. Anda juga dapat terhubung dengan pelanggan menggunakan Jubelio Chat. Jubelio Chat dapat digunakan secara gratis dan Anda akan terhubung dengan berbagai macam marketplace.

Sistem Kerja Layanan Jubelio

Jubelio Store

Adanya fitur Jubelio Store membantu toko Anda lebih dikenal dalam jangkauan luas dan dapat mendatangkan lebih banyak konsumen. Anda dapat mengatur brand image dengan udah menggunaka Jubelio Store. Jubelio menyediakan tim support professional yang siap bantu kamu jalani bisnis secara online. 

Anda dapat menciptakan peluang bisnis dengan menambah channel penjualan online sendiri. Selain berpaku pada offline store dan  penjualan marketplace, Anda juga dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan omset penjualan dengan membangun website toko online sendiri. Dengan bantuan Jubelio, operasional bisnis online lebih mudah karena terintegrasi langsung dengan Jubelio omnichannel.

Adanya fitur layanan iklan pada Jubelio Store, Anda dapat meningkatkan jumlah traffic hingga pembelian. Biaya pengiriman barang juga akan terakumulasi secara otomatis. Desain website toko yang menarik dan interaktif akan mendatangkan lebih banyak konsumen.

Jubelio POS

Credit: Jubelio

Software POS khusus ritelyang menghubungkan channel penjualan offline dan online dalam satu platform. Jubelio POS dibuat untuk menghadirkan pengalaman belanja offline to online (O2O).

Adanya sistem BOPIS (Buy Online Pickup In Store) dan BORIS (Buy Online Return In Store), pelanggan dapat menghemat ongkos kirim dan cepat mendapatkan pesanannya, pembelian secara online, tetapi bisa retur langsung di toko, lebih mudah dan cepat, serta sistem store credit yang bisa digunakan secara online ataupun offline.

Dengan mengaplikasikan fitur multi origin, pesanan online akan dipenuhi oleh toko terdekat Anda ke lokasi pelanggan.

Fitur WMS (Warehouse Management System)

WMS (Warehouse Management System) yaitu Sistem Manajemen Gudang yang digunakan untuk mengelola seluruh operasional bisnis dalam sebuah gudang secara lengkap. Dalam fitur ini, Anda dapat mengatur aktivitas penjualan, pembelian, memproses pesanan hingga manajemen persediaan. Anda akan mudah untuk memulai pendataan dari proses barang masuk ke gudang hingga keluar gudang. 

Penggunaan fitur gudang di Jubelio terdapat 5 bagian, yaitu pengaturan layout dana staff gudang, alur singkat penerimaan dan penempatan barang masuk, alur memproses pesanan mulai dari pengambilan, pengepakan, dan pengiriman, serta memperbaiki kesalahan dalam pemrosesan pesanan, mengelola barang keluar mulai dari retur pembelian dan transfer stok antar lokasi, dan cara penyesuaian persediaan dan stok opname. 

Pada laman akun Jubelio, terdapat tampilan menu Gudang yang di dalamnya terdapat menu khusus untuk digunakan oleh orang yang mengatur aktivitas pergudangan, seperti picker dan packer.

Pada menu Gudang, terdapat sub-menu, yaitu Barang Masuk, Pemrosesan Pesanan, Barang Keluar, serta Penyesuaian Stok dan Opname.

  • Barang masuk: Semua transaksi untuk barang masuk ke gudang, mulai dari sumber barang masuk sampai penempatan barang dalam rak gudang akan diproses di sini.
  • Pemrosesan pesanan: Semua pesanan penjualan di Jubelio yang berada di gudang akan diproses pesanannya di sini.
  • Barang keluar: Semua pesanan yang berada di gudang dan akan diretur/ditransfer keluar gudang akan ditampilkan di sini.
  • Penyesuaian stok dan opname: Penyesuaian dan pengecekkan stok barang di gudang akan dilakukan di sini.

Fitur Katalog

Katalog adalah menu dimana Anda bisa membuat, menghapus, menambah, mengurangi dan mendistribusikan produk dari Jubelio ke semua channel penjualan, baik online (marketplace dan webstore) ataupun offline (toko fisik dan Jubelio POS).

Anda bisa membuat katalog dengan produk yang mempunyai variasi berbeda (ukuran dan warna). Cara membedakan sebuah produk yang memiliki variasi adalah dengan membuat SKU (Stock Keeping Unit).

Produk-produk yang mempunyai varian (warna dan ukuran) berbeda harus dipisahkan berdasarkan SKU agar jumlah stok tidak tercampur. Dengan begitu, stok di dalam sistem Jubelio akan sama seperti yang ada di marketplace dan juga stok di dalam gudang sebenarnya.

Anda dapat melihat katalog dengan cara:

Masuk ke Menu Barang -> Pilih Menu Katalog.

Di dalam menu katalog, Anda akan menemukan beberapa tab berbeda:

  • Menu In Review: Berisikan produk yang ingin atau sedang diubah namun sudah tayang di marketplace (jika telah melakukan pengisian stok).
  • Menu Master: Berisikan produk yang sudah rapi dan tayang di marketplace. Biasanya, sebuah produk mempunyai varian (warna dan ukuran) yang beragam.
  • Menu Variasi: Berisikan daftar atribut yang bisa di-customize sesuai dengan keinginan, seperti batas stok menipis, batas stok prioritas, bundle dll.
  • Menu Gagal Upload: Berisikan daftar produk yang sudah dimasukkan ke Jubelio namun ada masalah teknis sehingga tidak bisa diproses.

Fitur Persediaan Produk

Persediaan barang memperlihatkan data lengkap mengenai jumlah atau kuantitas stok yang tercatat di dalam aplikasi Jubelio. Data-data tersebut tercatat secara rinci hingga pembagiannya ke berbagai gudang bisnis Anda dan akan tayang di marketplace dan webstore sebagai informasi bahwa produk masih tersedia dan dapat dipean oleh pelanggan.

Cara melihat Persediaan barang di Jubelio:

Masuk ke menu Barang -> Pilih Persediaan

Hal lain yang dapat dilihat pada menu Persediaan:

  • Harga Pokok Penjualan: Melihat HPP terbaru di Jubelio.
  • Nilai Inventory: Jumlah Total Stok dalam Persediaan.
  • Tidak Laku: Total Barang tidak Terjual dalam 90 Hari.
  • Import Stock: Untuk Melakukan Stock Opname.

Pada menu ini, Anda dapat membuat batas stok menipis sesuai dengan keinginan Anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda dalam melihat apakah produk tersebut perlu di restock dalam waktu dekat atau tidak.

Cara mengatur batas stok menipis:

Masuk ke Katalog -> Pilih produk di menu Master/In Review -> Klik Produk -> masuk ke Info Penjualan dan Pembelian  -> Atur batas stok menipis -> Simpan.

Fitur Sistem Manajemen Pesanan

Sistem Manajemen Pesanan adalah proses yang Anda lakukan di belakang layar untuk mengelola dan memenuhi pesanan yang datang dari pembeli. Sistem ini mencakup seluruh aspek mulai dari mensortir pesanan yang masuk hingga mengirimnya ke pembeli. 

Melalui fitur ini, Anda dapat mendata dan memproses pesanan melalui satu dashboard saja. Anda dapat menyortir pesanan berdasarkan waktu, sumber pesanan, kurir, dan lain-lain.

Anda tidak perlu kesulitasn untuk membedakan status pesanan yang masuk dari beragam channel. Setiap pesanan, akan terbagi secara otomatis status pembayarannya.

Fitur Akuntansi

Credit: Jubelio

Fitur akuntansi pada Jubelio berfungsi untuk melakukan pencatatan, klasifikasi, pengolahan dan penyajian data aktivitas serta transaksi keuangan pada bisnis Anda. Data-data tersebut bertujuan sebagai evaluasi untuk pengambilan keputusan strategis bisnis.

Pada menu Akuntansi di Jubelio terbagi menjadi enam sub-menu, yaitu Persediaan, Penjualan, Pembelian, Kas dan Bank, Jurnal, dan Pelunasan.

  • Penjualan: Merupakan pencatatan semua aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan penjualan. Pada menu ini, terdapat tiga sub-menu, yaitu faktur, pembayaran, dan proses retur.
  • Pembelian: Melihat dan mengatur aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan pembelian dari supplier, penerimaan, pelunasan, hingga proses retur. Pada menu ini, terdapat lima sub-menu, yaitu pesanan pembelian, penerimaan barang, tagihan, pembayaran, dan proses retur.
  • Kas dan Bank: Catatan pengeluaran biaya untuk jalannya usaha, seperti gaji karyawan, biaya operasional (listrik, air, sewa tempat, dan lain-lain). Biaya pemasukan juga terdapat pada menu ini, seperti harga yang dibayar pembeli, cashback, suntikan dana, dan lain-lain.
  • Jurnal: Menampilkan catatan keuangan usaha secara kronologi sejak awal pengunaan Jubelio. Keseluruhan catatan keuangan yang terbit berdasarkan transaksi di Jubelio akan ditampilkan pada menu ini.
  • Pelunasan: Jubelio mencatat aktivitas penjualan mulai dari pesanan barang, stok, hingga alur pembayaran dari customer. Pelunasan yang dimaksud yaitu pencairan dana dari hasil jual beli di marketplace saat dana dicairkan.

Fitur Integrasi

Adanya kesulitan untuk mengkoordinasikan aktivitas bisnis di marketplace secara serentak karena harus membuka dan mengakses satu per satu seller center di masing-masing marketplace, untuk melakukan penyesuaian.  

Jubelio dapat mengintegrasikan seluruh marketplace atau pun channel penjualan lainnya di dalam satu dashboard. Jadi, Anda hanya perlu mengakses satu laman untuk menjalankan operasional bisnis. Efektifitas dan efisiensi usaha pun akan meningkat. 

Seluruh aktivitas usahamu, seperti pemrosesan pesanan, penyesuaian stok barang, melakukan promosi harga diskon bisa dilakukan dari satu laman saja. 

Anda dapat mengintegrasi channel penjualan, yaitu marketplace, webstore, social commerce hingga POS atau toko offline Anda.

Jika terjadi adanya perbedaan data antara dashboard Jubelio dengan channel penjualan/partner lainnya (contoh: pesanan tidak terbaca oleh Jubelio), maka Pebisnis perlu melakukan pemantauan terhadap integrasi akun Jubelio tersebut.

Agar tetap bisa melihat perubahan informasi dan status yang terjadi pada hubungan integrasi, Pebisnis dapat melihatnya dengan mengakses menu Integrasi -> sub menu Pengaturan -> pilih channel penjualan/partner lainnya yang ingin diketahui informasinya.

Itulah berbagai macam fitur yang dapat Anda nikmati jika berlangganan dengan aplikasi Jubelio omnichannel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again