1. Entrepreneur

Tips Ide Konten Influencer Program Zalora, Dapatkan Cuan Lebih Banyak!

Kehabisan ide konten? Berikut Tips yang dapat Anda coba untuk menjadi affiliator atau influencer agar mendapatkan hasil yang maksimal

Peran influencer dan juga affiliator sangat penting dalam mempromosikan produk suatu platform. Sistem pemasaran semacam ini disebut affiliate marketing, yaitu mengembangkan bisnis menggunakan metode sosialisasi terarah.

Seorang influencer maupun affiliator akan mendapat komisi jika produk yang ditautkan berhasil dibeli oleh konsumen. Influencer dapat menghasilkan uang tanpa harus memproduksi barang tersebut.

Namun, masalah yang dihadapi ini sering kali para affiliator atau influencer bingung cara menarik perhatian penonton agar mereka mau "klik" link yang kita tautkan atau bagikan dan membeli produk. Mungkin dari kalian bisa mencoba beberapa cara yang kita bagikan dalam artikel ini.

Tips Ide Konten Affiliator dan Influencer

  • Mengetahui Target Audience

Marketing affiliate membutuhkan kemampuan untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh audiens Anda khususnya pengikut di media sosial, dan Anda memenuhi permintaan tersebut. Anda dapat lebih memahami demografi target, seperti umur pengikut Anda, jenis kelamin, status menikah, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui demografi target Anda, Anda dapat mulai membuat strategi pemasaran afiliasi yang disesuaikan dengan mereka.

  • Memperluas Jaringan Platform

Strategi ini mengungguli hasil dengan menyebar link affiliate Anda ke berbagai platform, tidak hanya media sosial, namun Anda dapat berbagi melalui situs web, blog, saluran chat dan daftar email Anda. Saluran media sosial dapat Anda manfaatkan, seperti seperti Instagram, YouTube, Twitter dan Pinterest.

Konten yang bekerja dengan baik di berbagai platform media sosial akan membawa audiens target Anda lebih luas jangkauannya dan Anda akan dapat menjangkau audiens yang tepat.

  • Mengolah Konten Lama

Menggunakan kembali konten lama akan memperluas jangkauan pemasaran Anda dengan menarik pengikut yang mungkin Anda lewatkan. Ini juga merupakan cara yang baik untuk berbagi ke pengikut baru. Anda dapat menggunakan kembali dan memperbarui konten yang ada, misalnya membuat Reels atau TikTok yang merujuk pada video YouTube Anda, gunakan kalimat yang lebih berimpact dari tulisan lama untuk menulis postingan ke berbagai platform, Anda juga dapat mengulang metode pada konten afiliasi populer yang pernah Anda gunakan.

Anda dapat mencoba untuk ubah warna, ukuran, font, dan posisi tombol tautan, tambahkan foto baru atau ganti yang lama, dan gunakan kata-kata yang relevan atau kuat di sekitar tautan afiliasi.

  • Buat Review Produk

Credit: FatStacks

Dibanding hanya menampilkan foto produk, akan jauh lebih baik jika Anda mereview produk tersebut, sehingga akan jauh lebih realistis karena berdasarkan pemakaian pribadi dan lebih jujur.

Audiens akan skip konten affiliate jika dirasa konten yang Anda sajikan terlalu terlihat mempromosikan atau memasarkan. Mereka akan lebih tertarik dengan konten yang lebih relevan dengan kebutuhan atau honest review, maka Anda dapat membuat konten dengan menjelaskan bahwa produk tersebut sudah lama Anda gunakan dan dalam kesehariannya Anda juga menggunakan produk tersebut.

  • Ikuti Trend

Selain mengolah konten lama, yang tidak kalah penting adalah mengikuti apa yang sedang trend di masa sekarang. Trend akan terus berubah-ubah setiap waktu. Konten viral juga akan terus ada. Anda harus memahami algoritma masing-masing platform, agar konten yang disajikan selalu fresh. 

  • Branding Diri

Memberikan ciri khas diri akan meninggalkan kesan kuat pada audiens Anda. Jika target audiens Anda adalah ibu rumah tangga, Anda dapat membuat konten keseharian di rumah. Dengan begitu branding diri dan konten yang Anda sampaikan akan lebih fokus ke target audiens. Branding diri penting karena akan membedakan influencer satu dengan lainnya.

  • Manfaatkan Layanan Zalora

Zalora memberikan berbagai macam iklan yang ditampilkan pada laman Zalora. Zalora memberikan promo berupa deals  yang terdapat pada laman Zalora Anda. Anda dapat memanfaatkannya dengan berbagi tautan unik pada berbagai platform yang Anda gunakan.

Kalau Anda masih belum menemukan kampanye apa yang sesuai untuk dipromosikan ke dalam media sosial, pengguna bisa menghasilkan Deeplink yang dapat langsung dituju oleh audiens ke halaman yang sesuai. Salah satu fitur lain Zalora, yaitu Product feed Zalora bertujuan untuk situs web aggregator, yang berfungsi sebagai tempat kebutuhan akses katalog produk yang telah disediakan oleh pihak Zalora.

Manfaatkan pula voucher yang tersedia di Zalora untuk menghasilkan potongan ongkos kirim dan diskon produk yang maksimal agar audiens tertarik untuk membeli.

Nah, itu dia tips ide konten yang dapat Anda coba sebagai affiliator atau Influencer Zalora. Anda dapat menjadwalkan unggahan konten dengan rutin agar hasil yang didapatkan maksimal. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again