1. DScovery

Illustrator: Pengertian, Bidang Pekerjaan, dan Skill yang Dibutuhkan

Kamu tertarik menjadi virtual Ilustrator? Kamu bisa cek informasi lengkapnya di artikel ini.

Ilustrator adalah salah satu profesi di industri kreatif. Dia menggunakan keahliannya untuk membuat gambar asli untuk digunakan di media cetak dan digital.

Peluang untuk pekerjaan ini bervariasi. Dia dapat bekerja secara mandiri sebagai pekerja lepas atau bekerja untuk sebuah perusahaan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang profesi ilustrator, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Ilustrator?

Tugas seorang ilustrator adalah menyampaikan cerita, ide atau pesan melalui media visual. Seorang ilustrator biasanya memiliki keahlian khusus tertentu dalam bekerja, seperti menggambar, fotografi atau ilustrasi digital. Karena volume karya ilustrator, karya tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa bidang atau jenis yang berbeda.

Bidang Pekerjaan Ilustrator

1. Iklan

Seorang ilustrator iklan membuat ilustrasi produk, kemasan, papan cerita, dan gambar lainnya. Sebagai aturan, seorang ilustrator yang bekerja di bidang ini menggunakan media digital.

2. Penerbitan

Ilustrator di industri penerbitan perlu membuat gambar untuk berbagai media. Biasanya, ilustrator dalam penerbitan membuat kartun atau ilustrasi untuk buku anak-anak, gambar untuk surat kabar, karya seni untuk majalah dan media lainnya.

3. Mode

Sebagai ilustrator fashion, kamu harus membuat ilustrasi untuk pakaian, aksesoris atau perhiasan yang menarik dan memiliki nilai seni. Bekerja di bidang ini, kamu juga harus bekerja sama dengan tim lain seperti perancang busana.

4. Medis

Seorang ilustrator yang bekerja di bidang kedokteran harus menguasai biologi dan kedokteran selain keterampilan menggambar. Sederhananya, profesi ini menggabungkan pengetahuan bidang medis dengan seni yang kamu miliki. Biasanya, hasil karya ini digunakan dalam buku dan jurnal untuk keperluan studi.

Skill yang Dibutuhkan

1. Bakat Artistik

Sebagai sebuah profesi di bidang seni rupa, seorang ilustrator tentunya membutuhkan keterampilan artistik. Mampu menyesuaikan warna, tekstur, dan sebagainya karena itu sangat penting.

Untuk meningkatkan keterampilan ini, kamu dapat mengikuti berbagai kelas atau belajar secara formal di perguruan tinggi seni.

2. Kemampuan Teknis

Selain keterampilan artistik, pengetahuan teknis juga dapat mendukung karier seorang ilustrator. Kemampuan menggunakan komputer dan berbagai aplikasi menggambar dapat membuat pekerjaan seorang ilustrator menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Keterampilan Sosial

More Coverage:

Kebanyakan ilustrator adalah pekerja lepas. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pekerjaan diperlukan keterampilan sosial untuk membangun jaringan. Menjaga hubungan dengan pelanggan juga merupakan keharusan. Kamu harus bisa mendengarkan kritik atau saran mereka.

Gaji Ilustrator

Pekerjaan ilustrator adalah salah satu profesi yang paling menjanjikan. Rata-rata gaji seorang ilustrator biasanya Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000. Jumlahnya biasanya tergantung pada tanggung jawab dan tingkat kesulitan tugas.

Berikut ulasan mengenai ilustrator. Profesi ini membutuhkan keterampilan menggambar dan kreativitas yang kuat. Namun, profesi ini menawarkan peluang besar di pasar kerja. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again