1. Entrepreneur

Kelebihan dan Kekurangan Lokasoka Sebagai Platform Jual-Beli

Mengenali kelebihan dan kekurangan pada Lokasoka

Lokasoka adalah sebuah platform yang memungkinkan pelaku UMKM untuk menjual produk mereka secara online. Tetapi, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan platform ini sebelum menggunakannya.

Meski Lokasoka dapat membantu Anda untuk menjual produk berupa souvenir, hadiah, dan kebutuhan perusahaan untuk klien B2B dan B2C, tetapi ada platform serupa lainnya. 

Sehingga, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh pelaku UMKM sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Lokasoka.

Kelebihan Lokasoka

Berikut ialah 4 kelebihan yang bisa Anda dapatkan bila mendaftar sebagai mitra UMKM Lokasoka:

Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Dengan bergabung sebagai mitra UMKM di Lokasoka, pelaku UMKM dapat menjangkau pelanggan dari seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Hal ini membuka peluang untuk meningkatkan profit dan pesanan berkelanjutan, serta mengembangkan bisnis Anda. 

Adapun negara luar yang sering memesan produk-produk di Lokaska adalah USA, Italia, Afrika Selatan, India, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Cina, Hongkong, Jepang, Singapura, dan Australia.

Mudah digunakan

Lokasoka dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan sehingga pelaku UMKM dapat dengan mudah memasarkan produk mereka tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam.

Aman dan terpercaya

Lokasoka telah memiliki reputasi sebagai platform jual-beli online yang aman dan terpercaya. Pelanggan dapat mempercayai bahwa produk yang mereka beli adalah produk asli dan penjual yang berpartisipasi di platform ini telah diverifikasi.

Hal ini terbukti dengan award yang diterima oleh Lokasoka, seperti Best Tech-based Startup Ristekdikti (2019), Telkomsel Innovation Center Accelerator (2020), Funding from Telkomsel (2020), dan masih banyak lagi.

Credit Photo by Lokasoka on Website

Selain itu, terdapat klien dari instansi pemerintah yang semakin mendukung kredibilitas platform ini. Misalnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, Kementerian Pertanian RI, dan Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL.

Akses Pembiayaan Bagi UMKM Kompeten

Lokasoka memiliki program B2B Project Funding. B2B Project Funding merupakan sebuah kolaborasi dengan berbagai mitra pendanaan berlisensi OJK untuk mendukung proyek pengadaan ke kreator UMKM Lokasoka.

Kekurangan Lokasoka

Disisi lain Lokasoka memiliki kekurangan, seperti:

Persaingan

Lokasoka memiliki banyak penjual yang berpartisipasi, yang berarti pelaku UMKM harus bersaing dengan banyak penjual lain untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Tergantung pada Teknologi

Platform seperti Lokasoka sangat tergantung pada teknologi dan koneksi internet yang stabil. Jika terjadi gangguan teknis atau jaringan internet yang buruk, pelaku UMKM mungkin mengalami kesulitan dalam menjual produk mereka.

Persaingan dengan Platform Serupa 

Selain bersaing dengan sesama UMKM di platform tersebut, Anda juga akan bersaing dengan banyak platform serupa yang sudah ada dan telah mempunyai basis pengguna yang besar seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya. Persaingan yang sengit ini dapat membuat sulit bagi Lokasoka untuk menarik perhatian pelanggan dan mempertahankan target pasar.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan pada Lokasoka. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan penggunaan platform tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again