1. Entrepreneur

KoinWorks Sudah Gelontorkan 52 Miliar Rupiah Pembiayaan KoinPaylater Sejak Dirilis

Koinpaylater dirancang untuk membantu pelaku UMKM mengakses barang, bahan baku, ataupun keperluan operasional usaha

Paylater menjadi metode pembayaran yang makin diminati terutama di kalangan generasi millenial dan generasi Z. Dalam survei Katadata Insight Center (KIC) terungkap penggunaan metode paylater lebih banyak dibanding penggunaan kartu kredit. Kartu kredit digunakan oleh 7,6% generasi millenial dan Gen Z, sedangkan paylater digunakan hampir dua kali lipatnya (13,6%).

Salah satu yang melihat potensi di sektor ini adalah Koinworks yang pada quarter keempat tahun 2022 silam meluncurkan Koinpaylater, salah satu lini produk buy now pay later (BNPL) yang dirancang untuk membantu pelaku UMKM mengakses barang, bahan baku, ataupun keperluan operasional usaha dengan cepat dan aman.

Dalam rilis pers yang diterima oleh Dailysocial, sedikitnya 52 Miliar Rupiah telah digelontorkan oleh KoinWorks untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan UMKM melalui produk KoinPaylater.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks memberikan keterangan atas hal ini. “Pembiayaan melalui produk pay later merupakan sebuah peluang baru untuk memberikan permodalan dengan skema yang semakin relevan dengan kebutuhan UMKM. Diharapkan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan KoinPaylater, sehingga pelanggannya bisa berbelanja dengan lebih nyaman, sekaligus mengatur cash flow usahanya dengan lebih baik,” ujarnya.

KoinPaylater sendiri menawarkan skema yang cukup menarik, batas pinjaman sampai dengan 2 miliar rupiah dan tenor maksimal 180 hari. Kemudahan pendaftaran dan pengajuan juga menjadi nilai tambah yang coba ditawarkan kepada calon mitra. Untuk kemudahan transaksi, KoinWorks terus memperluas jejaring layanan BNPL mereka dengan menggandeng sejumlah mitra mulai dari pemasok, marketplace, hingga pelaku B2B di sektor yang beragam seperti farmasi, pertanian, konstruksi, FMCG, perikanan dan industri lainnya.

KoinPaylater hadir dengan platform digital untuk permohonan pinjaman hingga 50 juta rupiah. Berkat proses persetujuan instan, pelanggan bisa mengajukan pinjaman dan mendapatkan jawaban segera di hari yang sama.

Menurut hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center, paylater telah menjadi pendorong tingkat pembelian masyarakat dalam berbelanja online dengan persentase mencapai 16,2%. Persentase ini unggul dibandingkan metode transfer bank yang berada di urutan keempat dengan persentase 10,2%. Adapun urutan pertama diduduki oleh e-wallet dengan persentase 46,8%, diikuti oleh tunai/cash on delivery dengan persentase 22,6%.

Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira menyatakan bahwa paylater telah memberikan manfaat signifikan dalam menyediakan akses kredit yang aman, terjangkau, dan mudah bagi hampir seluruh lapisan masyarakat. Studi ini juga mengungkapkan bahwa paylater tidak hanya digunakan dalam situasi mendesak, tetapi juga sebagai metode pembayaran yang efisien dalam bertransaksi sehari-hari.

Sementara itu berdasarkan survei DailySocial, layanan Shopee Paylater menjadi pilihan utama konsumen dengan persentase penggunaan mencapai 78,4% sepanjang 2021. Di posisi kedua, Gopay Later menjadi fitur bayar nanti yang paling banyak diminati oleh masyarakat, digunakan oleh 33,8% dari total responden. Selanjutnya, Kredivo menempati urutan ketiga dengan 23,2% responden menggunakan fitur paylater di layanannya.

Tidak ketinggalan, layanan Akulaku juga memiliki pangsa penggunaan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 20,4%. Sementara itu, Traveloka PayLater digunakan oleh 8,6% konsumen. Adapun untuk fitur paylater di Indodana dan Home Credit, masing-masing digunakan oleh 3,3% dan 2,8% konsumen.

Sisanya, 0,4% konsumen menggunakan fitur paylater di layanan-layanan lainnya. Hasil survei ini memberikan gambaran tentang preferensi konsumen terhadap layanan-layanan paylater yang ada di pasar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again