1. Entrepreneur

Melihat Potensi PlugoPOS Sebagai Sistem Kasir untuk UMKM

Sistem kasir yang efisien memungkinkan penjual untuk mengelola transaksi dengan cepat, akurat, dan tanpa hambatan

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, efisiensi dalam sistem kasir, baik untuk bisnis offline maupun online, menjadi kunci untuk mengoptimalkan operasi dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Sistem kasir yang efisien memungkinkan penjual untuk mengelola transaksi dengan cepat, akurat, dan tanpa hambatan. Dalam konteks bisnis offline, kemudahan dalam sistem kasir mempercepat proses checkout. Sementara itu, dalam bisnis online, sistem kasir yang sederhana dan jelas dapat mendorong kelancaran pembayaran dan pengiriman.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sistem kasir yang efisien sangatlah penting dalam dunia bisnis. Untuk mempermudah pengalaman pemilik bisnis, Plugo memiliki fitur Point of Sales dalam produknya yang diberi nama PlugoPOS.

PlugoPOS menyediakan layanan yang serupa dengan sistem kasir dengan kemampuan untuk membantu penjual dalam mencatat transaksi retail secara efisien. Dari penginputan pesanan hingga penerimaan pembayaran dan pencetakan faktur, PlugoPOS memberikan fitur yang mempermudah proses tersebut. Selain digunakan untuk toko fisik, fitur POS juga dapat diaplikasikan untuk bisnis online, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi penggunanya.

Keuntungan menggunakan PlugoPOS

Menggunakan fitur PlugoPOS memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan. Mulai dari variasi metode pembayaran yang dapat dipilih, termasuk tunai, cashless seperti QRIS, OVO, dan transfer bank, hingga kemampuan untuk mengunggah produk secara massal ke dalam sistem.

Dengan menggunakan barcode, pencatatan produk menjadi lebih efisien, sementara sistem ini juga secara otomatis mencatat stok barang yang masuk dan keluar. Kemudahan dalam menambahkan produk baru ke dalam inventaris serta laporan keuangan yang terintegrasi, semuanya menjadi fitur yang mempermudah pengelolaan bisnis secara keseluruhan.

Panduan menggunakan PlugoPOS

Untuk menggunakan PlugoPOS, pengguna perlu mengunjungi tautan https://pos.plugo.world/ atau mengklik ikon yang terletak di dekat teks “PlugoStore” pada bagian pojok kiri halaman, kemudian pilih opsi PlugoPOS.

Setelah masuk ke halaman PlugoPOS, pengguna dapat menerapkan langkah-langkah berikut ini:

  • Untuk mencari atau menambahkan produk yang dipilih oleh pembeli, penjual dapat menemukan produk yang diinginkan dengan beberapa cara, antara lain yaitu:
    1. Tekan tombol pencarian produk yang terletak di sudut kanan atas halaman, lalu ketik nama produk yang Anda cari.
    2. Tekan tombol barcode jika ingin melakukan pencarian produk menggunakan kode barcode.
    3. Ketika melakukan pencarian produk melalui pemindaian barcode, pastikan produk tersebut sudah memiliki kode yang sudah ditambahkan dalam halaman detail produk sebelumnya. Selama proses ini, penjual dapat memindai barcode produk dengan mengarahkannya ke layar kamera pada perangkat HP atau laptop.
  • Setelah menemukan produk, isikan jumlah produk yang ingin dibeli oleh pelanggan dengan mengeklik ikon tambah (+).

  • Sebelum menyelesaikan pesanan, penjual memiliki opsi untuk menambahkan diskon khusus bagi pelanggan dan mengeklik “Tambahkan Pelanggan” untuk menyimpan informasi pelanggan.
  • Setelah memilih metode pembayaran, penjual dapat memilih dari berbagai opsi yang tersedia seperti tunai, QRIS, OVO, transfer bank, dan EDC. Setelah itu, klik “Lanjut”.
  • Setelah pesanan berhasil dibuat dan pelanggan melakukan pembayaran, halaman PlugoPOS akan menampilkan tampilan seperti berikut ini:

 

  • Penjual dapat mencetak faktur atau struk pembelian atau mengirimkan bukti pembayaran ke alamat email pelanggan.
  • Penjual dapat mencetak faktur pesanan menggunakan printerthermal. Pastikan printer thermal terhubung dengan perangkat yang digunakan.
  • Alternatif lainnya untuk memberikan faktur atau bukti transaksi kepada pelanggan adalah dengan mengirimkannya melalui email yang aktif. Penjual cukup memasukkan alamat email pelanggan dan mengeklik “Kirim Invoice”.

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, memanfaatkan inovasi seperti PlugoPOS menjadi langkah penting bagi pemilik usaha untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan intuitif, PlugoPOS memberikan solusi terbaik bagi penjual baik dalam bisnis offline maupun online. Dengan demikian, penggunaan PlugoPOS bukan hanya sekadar investasi, tetapi juga langkah strategis untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis yang dinamis dan terus berubah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again