1. Entrepreneur

Panduan Mengatasi Selisih Ongkos Kirim Bagi Penjual di Lazada

Panduan Lengkap Mengelola Selisih Ongkos Kirim di Lazada

Pencantuman informasi yang akurat mengenai dimensi dan berat paket produk Anda di Seller Center Lazada adalah hal yang sangat penting. Informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan dapat mengakibatkan berbagai masalah yang dapat merugikan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang terjadi jika informasi ukuran dan berat paket tidak akurat, penyebab selisih ongkos kirim, biaya yang mungkin Anda hadapi, dan langkah-langkah untuk mengajukan klaim jika perlu.

Penyebab Selisih Ongkos Kirim

Selisih ongkos kirim terjadi karena adanya perbedaan dimensi dan berat antara data di Seller Center dengan data hasil pengukuran oleh penyedia layanan logistik. Ini terjadi ketika informasi yang Anda berikan tidak akurat.

Anda akan melihat tagihan dengan uraian Biaya Selisih Ongkir/Wrong Weight Adjustment dalam laporan keuangan jika terdapat selisih ongkos kirim. Laporana keuangan dapat Anda akses di Seller Center Lazada. Biaya ini akan ditagihkan jika ukuran dimensi atau berat paket yang Anda cantumkan lebih kecil daripada ukuran dimensi atau berat paket yang diukur oleh penyedia layanan logistik.

Apa Dampak yang Terjadi dari Ketidakakuratan Informasi Ukuran dan Berat Paket?

Ulasan Negatif dari Pelanggan

Jika pelanggan menerima produk dengan biaya pengiriman yang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan karena informasi yang tidak akurat, mereka mungkin memberikan ulasan negatif yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Kehilangan Daya Saing

Produk Anda dapat menjadi kurang bersaing jika ukuran dimensi atau berat paket yang terdaftar di sistem lebih besar dari yang sebenarnya. Biaya pengiriman yang lebih tinggi dapat menghalangi pelanggan untuk memilih produk Anda.

Penolakan oleh Kurir

Kurir mungkin menolak untuk mengirim paket jika ukuran dimensi atau berat paket yang tercantum dalam sistem tidak sesuai dengan kenyataan.

Biaya Selisih Ongkos Kirim

Lazada dapat membebankan selisih ongkos kirim kepada Anda jika terdapat perbedaan antara informasi yang Anda cantumkan di Seller Center dan hasil pengukuran oleh penyedia layanan logistik.

Apa yang Dapat Saya Lakukan Jika Data Dimensi dan Berat Paket Sudah Sesuai, Namun Tetap Mendapat Tagihan?

Jika Anda yakin bahwa data dimensi dan berat paket Anda di Seller Center sudah akurat, namun Anda tetap terkena selisih ongkos kirim, Anda dapat mengajukan klaim. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Masuk ke Seller Center.
  • Pada Seller Center, pilih menu Bantuan dan pilih Pusat Bantuan, kemudian pilih Formulir Online.

Credit picture by Lazada

  • Pilih opsi Master Form.

Credit picture by Lazada

  • Isi formulir klaim dengan jenis klaim Biaya Pengiriman (Shipping Fee) dan masukkan nomor telepon Anda.

Credit picture by Lazada

  • Unduh template yang disediakan.

Credit picture by Lazada

  • Buka template dengan Microsoft Excel dan lengkapi dengan informasi SKU Lazada, berat, panjang, lebar, dan tinggi produk yang benar.

Credit picture by Lazada

  • Unggah file yang sudah terisi ke halaman pengajuan klaim sebelumnya dan klik Submit.
  • Tim Lazada akan memproses klaim Anda dan memberikan informasi hasil melalui email.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengelola selisih ongkos kirim dengan lebih baik di Lazada, memastikan biaya pengiriman yang akurat, dan menjaga reputasi bisnis Anda. Selalu pastikan Anda memasukkan informasi dimensi dan berat paket yang akurat untuk menghindari masalah ini di masa mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again