1. Entrepreneur

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) untuk Pertumbuhan Bisnis UMKM yang Lebih Cepat

Bagaimana AI Membantu UMKM Menggali Potensi dan Produktivitas Bisnis

Seiring dengan perkembangan, teknologi AI terus mengalami kemajuan yang signifikan. Meskipun demikian, masih banyak bisnis UMKM yang belum memanfaatkan potensi AI secara maksimal, salah satunya karena adanya anggapan bahwa AI hanya dapat dimanfaatkan oleh industri tertentu, seperti industri kreatif dan digital saja. Namun, pemahaman tersebut tidaklah benar.

Menurut Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai, "Memahami AI sebagai alat yang hanya digunakan di industri kreatif atau digital adalah salah satu mitos yang sering kita dengar. Sebenarnya, AI dapat digunakan dalam berbagai sektor bisnis." Ungkap Irzan.

Menurutnya, pemanfaatan AI bisa digunakan di berbagai sektor secara luas. Misalnya,  dalam bidang manufaktur untuk otomatisasi dan efisiensi operasional, serta dalam bisnis retail untuk personalisasi, optimasi pemasaran dan penjualan.

Manfaat Penggunaan AI untuk Bisnis UMKM

Pemanfaatan teknologi AI oleh bisnis UMKM dapat memberikan berbagai manfaat dan keuntungan, mulai dari manfaat pemasaran hingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis yang berdampak pada pendapatan. Irzan membagikan pendapatnya terkait manfaat penggunaan teknologi AI dalam bisnis UMKM.

"AI bisa membantu UMKM dalam hal pemasaran dengan mempercantik gambar jualan, membuat caption atau deskripsi produk yang menarik, dan bahkan menciptakan aset visual pemasaran dengan menggunakan Generative AI tools. AI juga bisa membantu UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, yang tentunya bisa berdampak pada peningkatan pendapatan dan profit." Jelas Irzan.

Selain itu, AI dapat membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas bisnis mereka. "Menurut riset McKinsey penggunaan Generative AI tools dapat meningkatkan produktivitas suatu divisi dalam suatu organisasi sebesar 35-55%." Tambah Irzan.

Dengan memanfaatkan AI untuk otomatisasi pekerjaan, maka waktu dan sumber daya yang dimiliki dapat dialokasikan ke aktivitas lain yang lebih strategis. Selain dari yang sudah disebutkan, teknologi AI juga dapat membantu para pelaku bisnis dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat dan merencanakan strategi bisnis yang lebih baik.

Tips Penggunaan AI untuk Memaksimalkan Potensi Bisnis UMKM

Teknologi AI memang dapat dimanfaatkan oleh bisnis dari berbagai sektor. Namun, pengguna yang tidak bisa mengoperasikan AI dengan tepat tentu tidak akan mencapai hasil pengembangan bisnis yang optimal. Berikut adalah beberapa tips pengoptimalan penggunaan AI yang disampaikan oleh Irzan Raditya.

Lakukan Identifikasi Potensi Pemanfaatan AI untuk Bisnis Anda

Pelaku bisnis UMKM harus melihat kebutuhan dan tantangan bisnis yang ada. Dengan begitu, mereka bisa melihat bagaimana AI dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. AI dapat membantu dalam berbagai fungsi bisnis, seperti pemasaran, efisiensi operasional, analisis data, dan fungsi lainnya. Maka, tentukanlah apa yang paling dibutuhkan oleh bisnis Anda dan carilah solusi AI yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis.

Pastikan Penggunaan AI sejalan dengan Tujuan Bisnis

Tak hanya sejalan, penggunaan teknologi AI harus mendukung tujuan bisnis UMKM. Selain itu, penting untuk melibatkan semua pihak dalam proses integrasi AI, termasuk karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Mulailah menerapkan AI dalam skala kecil terlebih dahulu

Bagi UMKM yang baru mulai mengintegrasikan AI dalam bisnisnya, maka lebih disarankan untuk memulai pemanfaatan dari skala kecil terlebih dahulu. Pemanfaatan tersebut misalnya dalam fungsi pemasaran untuk menulis deskripsi produk, caption di media sosial atau analisis data. Setelah banyak mengenal penggunaan AI, Anda bisa mulai melakukan eksplorasi dan implementasi AI dalam skala yang lebih besar.

Gunakan AI untuk Memperluas Peluang Pasar Baru

AI juga dapat membantu UMKM dalam mengidentifikasi peluang pasar baru dengan menganalisis data pasar dan tren konsumen. Dengan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kebutuhan dan preferensi konsumen, UMKM dapat membuat keputusan strategis yang tepat.

Lakukan Pengukuran Penggunaan AI

Pengukuran tingkat keberhasilan pemanfaatan AI dapat dilihat melalui operasional, produktivitas, hingga pendapatan bisnis. Selain itu, evaluasi feedback dari pelanggan dan karyawan juga penting untuk memastikan bahwa pemanfaatan AI memberikan dampak positif, tidak hanya bagi pihak tertentu tetapi bagi semua pihak terkait.

Penggunaan AI dalam bisnis UMKM memberikan manfaat besar, namun juga memunculkan risiko keamanan data yang perlu diperhatikan. Menurut Irzan, dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang tepat, UMKM dapat meminimalkan risiko keamanan data yang terkait dengan penggunaan AI dan menjaga integritas serta kerahasiaan informasi bisnis mereka.

"Risiko ini bisa diminimalisir dengan menerapkan praktik keamanan data yang baik, seperti penggunaan enkripsi, autentikasi dua faktor, dan kebijakan akses data yang ketat." Tutup Irzan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again