1. Entrepreneur

Mengelola Refund dan Retur dengan Bijak di Platform Akulaku

Memahami Proses Refund dan Retur di Akulaku

Bagi penjual di platform Akulaku, pengalaman pelanggan adalah hal yang sangat penting. Terkadang, pembeli mungkin merasa kecewa dengan produk yang mereka beli dan ingin mengajukan retur atau refund.

Dalam situasi seperti ini, sebagai penjual, Anda perlu memahami bagaimana melakukan retur dan refund dengan benar untuk memastikan kepuasan pelanggan dan menjaga reputasi bisnis Anda. Berikut adalah panduan tentang bagaimana Anda dapat mengelola proses retur dan refund di Akulaku.

Retur dan Refund

Credit picture by Akulaku

Retur adalah proses pengembalian produk yang telah dibeli oleh pelanggan kepada penjual. Biasanya, retur dilakukan ketika pelanggan menganggap produk tersebut tidak sesuai dengan ekspektasinya, rusak, atau mengalami masalah lainnya.

Refund adalah proses pengembalian dana kepada pelanggan setelah mereka mengajukan permintaan pengembalian. Refund dapat terjadi dalam beberapa situasi, termasuk ketika pelanggan membatalkan pesanan sebelum pengiriman, ketika retur produk telah disetujui, atau ketika terjadi masalah dalam pengiriman atau produk.

Proses Retur dan Refund di Akulaku

  • Masuk ke Seller Center (Pusat Penjual). Anda dapat mengakses Seller Center di Akulaku dan memilih opsi Daftar Refund dari modul Pesanan untuk melihat semua pesanan yang meminta retur atau refund.
  • Filter dan pilih pesanan. Anda dapat menggunakan berbagai filter seperti waktu, nomor pesanan refund, nama produk, status refund, dan lainnya untuk menemukan pesanan yang ingin di-refund. Setelah menemukan pesanan yang sesuai, Anda dapat memilihnya.
  • Setujui retur dan refund. Jika Anda telah mencapai kesepakatan dengan pembeli, Anda dapat mengklik Setujui Refund atau Setujui Retur. Untuk proses refund, setelah tombol tersebut diklik, dana akan langsung dikembalikan kepada pengguna. Sedangkan untuk proses retur, setelah Anda mengklik tombol setuju, alamat retur akan dikirimkan kepada pembeli. Anda perlu memperhatikan dan memastikan untuk menerima produknya.

Credit picture by Akulaku

  • Tolak retur dan refund. Jika Anda tidak menyetujui pengajuan retur dan refund atau diperlukan untuk mengembalikan produk, Anda dapat memilih Tolak Refund atau Tolak Retur.

Credit picture by Akulaku

Hal- hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Proses Retur dan Refund

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengelola pengajuan refund dan retur di Akulaku:

Perhatikan Pengajuan Pembeli dengan Seksama

Ketika Anda menerima pengajuan refund atau retur dari pembeli, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa dengan seksama apa yang diminta oleh pembeli. Perhatikan apakah mereka hanya meminta refund atau meminta refund dan retur produk.

Perhatikan Status Pembayaran

Saat menyetujui refund, perhatikan apakah situasinya refund dalam-penjualan atau refund setelah-penjualan. Refund dalam-penjualan akan berhasil secara otomatis, sedangkan refund setelah-penjualan akan memotong dana dari saldo Anda. Pastikan saldo Anda mencukupi untuk melakukan refund, karena refund tidak dapat dilakukan jika saldo tidak mencukupi.

Batas Waktu Pengolahan Refund

Anda memiliki waktu 3 hari kerja untuk memproses pengajuan refund dari pembeli. Jika Anda tidak memprosesnya dalam waktu yang ditentukan, sistem Akulaku akan secara otomatis menyetujui pengajuan pembeli.

Lengkapi Bukti Pembelian

Jika terjadi perselisihan dalam pengajuan refund atau retur, Anda akan diberikan 3 kesempatan untuk memberikan bukti pembelian yang lengkap. Pastikan Anda mengunggah semua lampiran yang diperlukan untuk melindungi kepentingan Anda dalam proses ini.

Hubungi Tim Akulaku Jika Diperlukan

Jika Anda dan pembeli tidak dapat mencapai kesepakatan atau terdapat masalah dalam proses refund dan retur, jangan ragu untuk menghubungi Tim Akulaku. Sediakan nomor kontak yang dapat dihubungi agar pihak platform dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Penting untuk selalu berkomunikasi dengan baik dengan pembeli, mengikuti aturan dan batas waktu yang ditetapkan, serta mencari bantuan dari Tim Akulaku jika diperlukan. Dengan demikian, pengalaman belanja di Akulaku dapat tetap positif bagi semua pihak yang terlibat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again