1. Entrepreneur

Dukung Digitalisasi UMKM di Indonesia, UOB Indonesia Meluncurkan Program UOB FinLab

Program akselerator inovasi bisnis unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendigitalisasi sektor bisnis

Setelah hadir di Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam UOB Indonesia akhirnya resmi mengumumkan kehadiran UOB FinLab, sebuah program akselerator inovasi bisnis unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendigitalisasi sektor bisnis di Indonesia.

Peluncuran ini menandakan sebuah langkah penting bagi UOB FinLab, mencerminkan ekspansi regional UOB ke dalam lima pasar utama di ASEAN. Ini juga menunjukkan komitmen untuk memperkuat jaringan ekosistem regional untuk pengembangan kapasitas lintas negara, dengan tujuan mendigitalisasi dan memperkaya keterampilan bisnis.

Hendra Gunawan, Presiden Direktur UOB Indonesia, menyampaikan, “Indonesia telah mengalami percepatan pertumbuhan digitalisasi selama bertahun-tahun yang salah satunya didorong oleh kontribusi perusahaan perintis sebagai bagian dari ekosistem digital. Di UOB Indonesia, kami percaya bahwa untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif, diperlukan dukungan dari pihak pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam rangka mendukung pertumbuhan industri digital, infrastruktur, dan pelatihan yang tepat. Melalui kehadiran UOB United Overseas Bank Limited Co. Reg. No. 193500026Z FinLab di Indonesia, kami dapat menyediakan perangkat, pengetahuan, dan sumber daya yang dibutuhkan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing produk dan layanan digital Indonesia"

Sementara itu menurut Edisono Limin, Country Head of Channels and Digitalisation, UOB Indonesia, “Adopsi digital dapat menjadi tantangan bagi dunia usaha termasuk UKM. Kami hadir untuk mendukung proses digitalisasi mereka dengan menyediakan solusi, jaringan, dan peluang pembelajaran penting yang disesuaikan dengan kebutuhan, dimulai dengan program UKM SUKSES."

UOB FinLab juga menginisiasi program perdana digitalisasi yang diberi nama UKM SUKSES (Sistem Usaha Kreatif dan Solusi Ekonomi Sejahtera). Program selama dua hari ini dirancang untuk memberikan wawasan, strategi dan saran praktis mengenai penerapan teknologi digital dalam e-commerce, pemasaran digital, dan logistik, sehingga membantu UMKM untuk mendigitalisasi dan mengembangkan usaha mereka.

Bersamaan dengan peluncuran tersebut, UOB FinLab Indonesia juga telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama mitra ekosistem lokal seperti SMESCO, HIPMI, dan APINDO untuk menciptakan sebuah ekosistem yang terintegrasi, saling mendukung, dan dinamis, sehingga memungkinkan bisnis untuk berkembang secara digital dan berkelanjutan.

Kolaborasi ini melibatkan pertukaran wawasan, program, dan keahlian antarnegara untuk mendigitalisasi, mengembangkan keterampilan, dan memberi dukungan kepada 5.000 bisnis di tiga tahun mendatang.

UOB FinLab telah memberikan dukungan kepada lebih dari 23.000 UKM di seluruh ASEAN. UOB FinLab juga memfasilitasi sektor bisnis untuk memanfaatkan ekosistem regional dalam memberikan akses ke berbagai ahli bisnis dan teknologi serta perangkat dan konten untuk mempercepat proses digitalisasi mereka.

Dengan berbagai perspektif dan platform yang terintegrasi, UOB Indonesia berambisi untuk memberikan UKM lokal pemahaman dan strategi yang diperlukan untuk menjelajahi era digital dengan efektif.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again