1. DScovery

5 Tips Fotografi Makanan yang Untuk Konten Sosial Media

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui 5 (lima) tips beserta contoh dari fotografi makanan.

Seni fotografi memiliki banyak macam dan jenis yang berbeda, salah satunya adalah fotografi makanan. 

Fotografi makanan adalah fotografi yang ditujukan untuk mengabadikan segala macam dan bentuk makanan yang telah ditata rapi agar terlihat rapi dan cantik hingga mampu menggambarkan kelezatan makanan dan hidupnya makanan tersebut tanpa mendeskripsikannya. 

Biasanya, hal ini membutuhkan food stylist untuk menata makanan saat hendak dipotret karena warna dan tekstur dari piring maupun elemen pendukung lainnya juga patut diperhatikan. 

Tidak hanya untuk kesenangan pribadi, fotografi makanan juga sangat dibutuhkan oleh industri kuliner seperti rumah produksi, periklanan, produsen makanan, kafe, hotel dan lainnya. 

Contoh Fotografi Makanan

Fotografi makanan ini merupakan teknik memotret makanan tersebut terlihat lebih menggoda para audiens. Berikut ini adalah contoh fotografi makanan yang dapat menginspirasi kamu:

Makanan Panas

Foto Makanan Panas / Nagoya News

Makanan panas bisa menjadi subjek yang bagus untuk fotografi makanan karena dapat membangkitkan perasaan hangat dan nyaman pada audiens. Pencahayaan juga penting saat memotret makanan panas, karena dapat membantu menonjolkan tekstur dan menciptakan kesan kedalaman dan dimensi pada gambar. 

Cahaya Alami

Foto Makanan Cahaya Alami / Jakarta School of Photography

Pencahayaan alami bisa menjadi pilihan bagus untuk fotografi makanan karena dapat menciptakan tampilan lembut dan alami yang melengkapi subjek. Saat menggunakan cahaya alami, penting untuk memperhatikan sudut dan kualitas cahaya untuk memastikan bahwa cahaya menyorot makanan dengan cara yang paling bagus. 

Makanan dari Atas

Foto Makanan dari Atas / Bibit

Memotret makanan dari atas dapat menciptakan perspektif unik dan menarik yang menonjolkan hidangan dengan cara yang mungkin tidak dilakukan oleh sudut lain. Konsep ini bisa sangat efektif untuk hidangan datar atau berlapis, karena memungkinkan pemirsa untuk melihat semua komponen hidangan yang berbeda. 

Menggunakan Background Putih

Foto Makanan Background Putih / Pngtree

Menggunakan latar belakang putih untuk fotografi makanan dapat menciptakan tampilan bersih dan minimalis yang menarik perhatian pemirsa ke makanan itu sendiri. Saat menggunakan latar belakang putih, penting untuk memastikan bahwa pencahayaan merata dan tidak ada bayangan atau pantulan yang mengganggu. 

Makanan yang Tertata

Foto Makanan Tertata / Pelatihan Pariwisata

More Coverage:

Mengatur makanan untuk fotografi makanan melibatkan penataan hidangan dengan cara yang menarik secara visual dan menonjolkan fitur uniknya. Kamu dapat bekerja sama dengan fotografer makanan terampil yang memahami cara menata makanan untuk dampak maksimum.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 (lima) tips fotografi makanan, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again